Jalan Asik Ke Bangkok (1): Mengapa Pilih Ke Bangkok?

Selain Singapura dan Kuala Lumpur, Bangkok merupakan kota yang menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Indonesia dan juga saya pribadi, walaupun dari lokasinya Bangkok lebih jauh daripada kedua kota lainnya yaitu sekitar 3H30M perjalanan udara dari Jakarta, hampir sama jauhnya jika kita ke Manado atau ke Aceh.

Bagaimana menuju Bangkok dari Indonesia? sebagian besar pesawat dari Indonesia direct menuju Bangkok adalah dari Jakarta namun ada juga yang dari Denpasar, kebetulan saya dari Jakarta maka saya menggunakan direct flight dari Jakarta. Ada beberapa Airline yang melayani flight ke BKK, yaitu Garuda Indonesia, Thai Lion, Air Asia, Thai Airways. Oh iya ada perbedaan bandara tujuan jika kita naik Full Service Airline dan LCC, untuk Full Service seperti Garuda dan Thai Airways bandara tujuan kita adalah Svarnabhumi International Airport (BKK) dan untuk LCC seperti Thai Lion dan Air Asia, bandara tujuan kita adalah Don Mueang International Airport (DMK). Maka penting banget bagi kamu yang mau traveling ke BKK untuk mempertimbangkan hal ini karena berkaitan dengan lokasi dan transportasi menuju penginapan atau tempat wisata tujuan.  Untuk Svarnabhumi pilihan transportasi ke kota cukup lengkap ada Airport Rail Link (ARL), Coach Bus, Mini Van atau Taxi namun jika dari Don Mueang biasanya Bus atau taxi saja.

Seperti saya pribadi, Bangkok disukai oleh banyak wisatawan Indonesia karena beberapa alasan berikut:

    1. Kota yang mudah diakses dengan transportasi publik yang banyak dan beragam

Bangkok Termasuk kota yang mudah untuk dinavigasi serta diakses, Bangkok telah dilengkapi dengan sistem transportasi kota modern sama halnya dengan Singapura dan Kuala Lumpur. Pemerintahnya sangat  memaksimalkan peran transportasi untuk menunjang aktifitas warga lokal maupun wisatawan yang ingin berwisata berkeliling bangkok. Ragam transportasi tersebut terdiri dari transportasi sungai (water taxi), mulai dari perahu kecil sampai kapal besar yang menyusuri Sungai Chao Phraya.

Transportasi darat lebih beragam mulai dari ojek motor, tuk-tuk (kendaraan beroda 3 mirip bemo), songtheow (mirip angkot), bus kota, taxi, mini van, MRT (kereta cepat bawah tanah, dan BTS (kereta cepat atas tanah). Jika ke Bangkok sempatkanlah untuk menaiki semua jenis transportasi tersebut, oh iya khusus songtheow ini hanya bisa ditemui didaerah pinggiran kota seperti di sekitar pattaya, ayyuthaya, atau di lopburi.

    2. Biaya hidup relatif murah

Biaya hidup di Bangkok yang relatif tergolong sama dengan di Indonesia, bahkan menurut saya biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia. Nilai tukar Thai Baht sekitar Rp400-450 tidak terlalu jauh dari Rupiah, bandingkan jika kita wisata ke Singapura, nilai tukar mata uang kita sudah kalah jauh dengan SGD. Mulai dari biaya transportasi umum hampir semuanya ramah di kantong kecuali jika menggunakan tuk-tuk dan taxi. Untuk tuk-tuk kita harus pandai menawar untuk mendapatkan harga terbaik, tipsnya sebelum naik tuk-tuk lakukan research melalui internet atau bertanya kepada orang lokal mengenai biaya tuk-tuk ke tujuan tertentu. Untuk biaya akomodasi Bangkok juaranya menurut saya karena dengan bekal 200 Baht kita sudah dapat menginap di hostel yang oke banget. Untuk harga makanan ini juga hampir mirip dengan Indonesia, dengan bekal 50 Baht kita sudah bisa makan enak pad thai, mee goreng, nasi goreng, tom yam, dll di warung kaki lima.

    3. Surga Belanja

Orang Indonesia yang suka belanja sangat cocok ke Bangkok karena banyaknya spot night market atau pedagang kaki lima yang menjual dagangan lumayan bagus dengan harga relatif murah. Bangkok dan Jakarta dalam hal pedagang kaki lima sama banyaknya namun di Bangkok pedagang tersebut lebih tertata dan tertib. Spot belanja di Bangkok banyak sekali jenisnya mulai dari jenis kaki lima seperti Pratunam, Siam, Rot Fai Ratchada, JJ Green, semuanya beroperasi dari sore sampai malam.

Jenis pasar lainnya adalah pasar terapung, sama seperti pasar terapung di banjarmasin, kemudian ada weekend market yang paling terkenal yaitu Pasar Chatuchak yang beroperasi mulai jumat malam sampai minggu. Untuk kelas menengah ada beberapa mall yang sangat direkomendasikan yaitu Platinum Mall di Pratunam dan MBK Center, pokoknya untuk cari oleh-oleh murah di tempat ini. Untuk yang suka belanja di mall ada Siam Paragon, Siam Discovery, Central World, Terminal 21, Asiatique, dll. Jadi untuk yang hobi belanja kalo ke Bangkok jangan kalap yaa haha

    4. Banyak pilihan spot wisata

Bangkok menawarkan banyak sekali tempat wisata dan atraksi wisata yang bisa di kunjungi. Banyak sekali kuil bertebaran di kota ini mulai dari yang terkenal seperti Wat Pho, Wat Arun, Erawan Shrine maupun yang tidak terkenal bahkan di tiap sudut kota ada kuil-kuil kecil yang instagramable. Untuk yang mau tahu kehidupan kerajaan, kita bisa berkunjung ke Grand Palace, Vimanmek Mansion dan istana raja lainnya. Ada juga berbagai macam museum seperti Jim Thompson dan Maddam Tussaud.

Untuk yang mau bersantai di taman kota, Lumpini Park menjadi tempat yang paling oke banget. Untuk yang suka menonton pertunjukan Bangkok menawarkan pertunjukan Kabaret Show (biasanya lady boy yang melakukan pertunjukan) dan pertarungan tinju Muay Thai yang seru, biasanya ini ada di Asiatique Riverfront.

    5. Cuaca dan Wilayah Waktu nya sama dengan Indonesia

Salah satu hal yang paling penting dalam traveling adalah kita musti mengenal cuaca di negara tujuan, untuk Bangkok jangan khawatir karena kondisi cuacanya sama dengan Indonesia, panas menyengat dan terkadang bisa saja hujan. Jadi kalau mau keliling Bangkok musti prepare sunblock, topi dan payung (optional). Bangkok tidak ada perbedaan waktu dengan Jakarta (UTC+7) jadi jangan khawatir adanya jet lag karena berbeda waktu.. hahaha

    6. Kuliner enak dan bervariasi

Ini yang menjadi alasan saya menyukai Bangkok yaitu kuliner yang banyak bervariasi. Bangkok menawarkan wisata kuliner yang bervariasi baik dari segi menu, tempat maupun harganya. Dari jajanan pinggir jalan yang murah meriah tapi enak sampai cafe-cafe lucu instagramable bahkan restoran rooftop di gedung pencakar langit dengan pemandangan skyscrapper kota yang spektakuler, semua itu tinggal disesuaikan saja dengan budget yang di plan untuk traveling. Masalah rasa jangan khawatir, makanan Thailand bisa diterima dengan mudah oleh lidah orang Indonesia karena bumbu dan bahannya banyak yang sama mungkin karena kita sama-sama serumpun juga. Untuk kita yang muslim jangan khawatir di Bangkok banyak makanan halal dan enak-enak, yang penting sebelum masuk temoat jajanan atau restoran jangan lupa lihat dulu menu-menunya atau jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual mengenai menu tersebut, mereka sebagian besar ramah dan fair untuk memberitahu menu tersebut aman atau tidak untuk umat muslim. Jajanan yang musti dicoba ketika ke Bangkok menurut saya adalah Mango Sticky Rice, Tom Yam dan Coconut Ice Cream, untuk hal ini nanti kita bahas khusus postingannya.

 

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Reddit
Reddit
0Share on LinkedIn
Linkedin
Print this page
Print
Email this to someone
email

I love to travel and eat some local food. I also like to blog, where I post about travel, food, and lifestyle. I believe that traveling is not just a way to have fun, but traveling is to find a new experiences, inspiration and upgrading our soul to the next level.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *