Makan-Makan Hemat di Canteen Staff Terminal 2 Changi Airport

Jadi bulan juli lalu alhamdulillah saya ada rejeki untuk pergi jalan-jalan ke Singapura, sudah lumayan lama rasanya tidak traveling ke Singapura lagi. Biasanya saya ke Singapura bikin itinerary khusus mengenai destinasi yang dituju, karena traveling ke singapura ini seringnya hanya sebentar saja, seperti escape getaway memanfaatkan libur weekend. Contohnya dulu ke Singapura untuk wisata kuliner saja, kemudian khusus mengunjungi taman dan botanic garden, kemudian traveling yang rada mahal itu main di Universal Studio. Sudah beberapa kali ke Singapura tapi ada hal yang paling bikin saya penasaran yaitu mencoba makan di Canteen Staff Changi, yang konon kabarnya dari cerita para traveler kelas kakap ini merupakan “hidden gem” kuliner di Changi Airport. Kalau bisa dibayangkan, dimana sih tempat makan di Bandara Changi yang dengan uang recehan SGD 4 – SGD 5 kamu udah bisa makan enak dan kenyang, nah ini cuma ada di Canteen Staff.

Di Airport Changi lokasi Canteen Staff ada 2, yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2. Kebetulan untuk lokasi di Terminal 1 saat saya ke sana masih tutup dikarenakan ada renovasi dari bulan Mei lalu, jadi yang saya tuju pada traveling kali ini adalah Canteen Staff Terminal 2. Canteen Staff terminal 2 ini sudah lebih dulu dilakukan renovasi sehingga kabarnya tempatnya menjadi lebih nyaman dan sudah dikelola oleh Kopitiam Network, otomatis karena sudah ada pengelola jaringan besar dan tempatnya baru, makanannya jadi naik harganya. Tapi jangan khawatir naik harganya ga drastis, masih nyaman di kantong para budget Traveler.

Setelah posting di Instagram ketika makan di Canteen Staff, beberapa teman dan kerabat banyak menanyakan cara untuk kesana. Kebanyakan dari mereka bingung untuk makan murah di Airport Changi yang harganya berkisar antara SGD 10 – SGD 20, wajar sih karena kebanyakan tenant makanan di Changi adalah merek-merek terkenal. Ada juga yang pernah mencoba mencari Canteen Staff ini namun tidak pernah ketemu, karena memang Canteen Staff ini tempatnya sangat tersembunyi. Akhirnya saya pun khusus membuat postingan ini untuk memberikan petunjuk bagaimana mencapai Canteen Staff Terminal 2 dengan cara mudah. Berikut caranya:

1. Karena namanya Canteen Staff Terminal 2, hal paling pertama yang kamu lakukan adalah menuju terminal 2. Kalau saya dari Terminal 3 bisa mencapai Terminal 2 via departure hall T3 kemudian menuju jembatan penghubung ke T2. Sedangkan kalau kamu dari Terminal 1 bisa menggunakan Skytrain ke T2.

2. Kemudian naiklah menuju Departure Hall Terminal 2, ingat bukan Arrival Hall karena kalau kamu muter-muter di arrival kantin ini tidak bakalan ketemu. Sebagian besar orang yang gagal mencari Canteen Staff adalah karena mereka muter-muter di arrival.

3. Ketika sudah di departure hall, berjalan lah menuju Row check-in 12, lokasinya berada di paling ujung kanan.  Patokannya adalah gerai Starbucks, kemudian terus berjalan mengikuti lorong di sebelah Starbucks tersebut, lorong tersebut menuju parkiran mobil T2.

4. Kemudian sebelum pintu kaca yang membatasi parkiran mobil dan area terminal, lihat ke bagian kanan kita bakal menemukan lift. Disitu juga sudah terlihat petunjuk yang mengarahkan kita menuju Canteen Staff Changi Airport yaitu di level 3M.

5. Masuk ke lift yang ada disebelah kanan tersebut dan pilih Level 3, untuk akses langsung menuju Canteen Staff di level 3M tidak ada maka pilihlah tombol level 3 di lift.

6. Setelah sampai di level 3 kemudian keluar lift langsung belok ke kanan yang ada pintu, kita akan menaiki tangga manual karena lokasi dari Staff Canteen ini ada di level 3 Mezzanine. Setelah naik 1 lantai kita pasti langsung menemukan pintu masuk dari Canteen Staff. Voilaa!!

Ini adalah pintu masuk dari Canteen Staff Changi Airport T2, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya kantin ini baru saja selesai di renovasi sehingga semua interior ruangannya terlihat baru dan desain modern. Ketika saya tiba di lokasi, kantin ini terlihat tidak terlalu penuh oleh pengunjung, kemungkinan karena saya tiba pukul 13:00 telah lewat jam makan siang dan kebetulan juga hari minggu. Layout dari kantin ini hampir sama dengan kebanyakan food court dengan stall pedagang yang melingkari tempat makan.

Makanan yang disediakan oleh kantin ini sangat bervariasi, mulai dari makanan khas melayu, indonesia, cina, india, thai, dan beberapa jenis masakan western walaupun hanya sedikit. Hal ini menggambarkan Singapura merupakan negara tempat berkumpulnya berbagai macam etnis dan ras. Tidak perlu khawatir akan kehalalan makanan di sini karena untuk food stall yang menyajikan makanan halal ada stiker yang menempel pada stall dan ada juga sertifikat halal dari authority Singapura. Bahkan ketika kita akan mengembalikan tray makanan untuk dicuci, ada pemisahan antara tray halal dan non halal.

Oh iyaa, ketika makan disini saya memesan nasi lemak komplit dengan ayam, telur, sosis dan tahu, total harga yang dibayarkan adalah SGD 3.80 dengan porsi yang lumayan  besar. Cukup murah bukan ketika harga tersbut dibandingkan dengan harga di Changi, bahkan bisa dibandingkan dengan seantero Singapura. Minuman di kantin ini harganya berkisar antar SDG 0.5 – SGD 2, mulai dari teh O sampai ke dessert ala-ala yang hits Jakarta.

Masih banyak makanan lain yang enak-enak musti dicoba di Canteen Staff ini, beberapa makanan dari situr burpple adalah sebagai berikut:


Vegetarian Mee Goreng seharga SGD 5


Mixed Vegetables Rice seharga SGD 3.5


Secangkir Kopi nikmat seharga SGD 0.75


Hokkien Mee seharga SGD 5

Bagaimana? tertari untuk mencoba makan disini, pastinya dengan harga murah dan porsi lumayan banyak. Hal seperti ini sangat langka dapat dijumpai di Singapura. Perlu diingat untuk tray dan alat makan lainnya agar dikembalikan ke Tray Return Station, karena di kantin ini tidak ada petugas cleaning service, malu juga kalau kita meninggalkan tempat dalam keadaan kotor. Tips buat lebih hemat lagi makan di Canteen Staff adalah dengan tidak membeli minuman di kantin, kita bisa mengisi tempat air minum atau tumblr terlebih dahulu di water station yang banyak tersedia di airport, lumayan bisa lebih hemat SGD 1-2. Bukan bermaksud pelit ya tapi memang itulah cara menyiasati pengeluaran jika kita sebagai budget traveler.

Happy Traveling All 🙂

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Reddit
Reddit
0Share on LinkedIn
Linkedin
Print this page
Print
Email this to someone
email

I love to travel and eat some local food. I also like to blog, where I post about travel, food, and lifestyle. I believe that traveling is not just a way to have fun, but traveling is to find a new experiences, inspiration and upgrading our soul to the next level.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *